Welcome N Join Us

Selamat datang di situs kami. semoga tulisan-tulisan kami dapat bermanfaat untuk anda

Jumat, 17 Oktober 2008

PERMOHONAN BANTUAN DANA

"Wahai Pak Guru, jangan kami disalahkan apalagi dicerca
Bila kami tak mengembangkan kosa kata
Selama ini kami-kami kan diajar menghafal dan menghafal saja
Mana ada dididik mengembangkan logika
Mana ada diajar beragumentasi dengan pendapat berbeda
Dan mengenai masalah membaca buku dan karya sastra
Pak Guru sudah tahu lama sekali
Mata kami rabun novel, rabun cerpen, rabun drama, dan rabun puisi
Tapi mata kami kan nyala bila menonton televisi"
(Taupik Ismail, 1997)

Begitulah sepenggal kata-kata Taupik Ismail menanggapi rendahnya minat baca dan tulis, serta apresiasi terhadap sastra di kalangan generasi muda Indonesia.
Dengan melihat besarnya porsi sekolah dalam menginput pengetahuan terhadap anak, maka kegelisahan akan lemahnya pengajaran sastra di sekolah yang berdampak pada rendahnya minat baca dan tulis bisa diterima.
Hal terbukti dengan semakin terpinggirkannya seni sastra dari perhatian generasi muda Indonesia. Walaupun saat ini telah begitu banyak kehadiran generasi muda dengan karya-karyanya yang cukup laris di pasaran dan kehadiran website-website yang mengkhususkan diri pada sastra, namun seni sastra masih jauh kurang diperhatikan.
Bahkan, tidak saja oleh generasi muda, tapi juga lebih menyeluruh dari itu. Karena, kalaupun ada buku novel, kumpulan cerpen atau puisi yang laris dan pemanggungan sajak yang ditonton oleh ribuan orang yang histeris, yang menjadi pusat perhatian sesungguhnya bukanlah sastranya, melainkan figur tokoh yang membawakannya.
Atas dasar itulah, sekelompok generasi muda mencoba merespon fenomena tersebut dengan membentuk Komunitas Penulis Jakarta sebagai wadah guna menumbuhkembangkan minat baca dan tulis, serta apresiasi terhadap sastra di kalangan generasi muda.
Dengan dibentuknya Komunitas Penulis Jakarta, diharapkan generasi muda dapat mengembangkan kreatifitasnya dan menuangkan gagasannya dalam bentuk tulisan, serta mampu mengembangkan apresiasi terhadap sastra.
Namun, dalam perkembangannya Komunitas Penulis Jakarta mengalami kendala dalam menjalankan program-programnya dikarenakan ketiadaan fasilitas dan biaya. Untuk itu, kami sangat mengharapkan bantuan dana dari pihak-pihak terkait guna menunjang program-program Komunitas Penulis Jakarta.

Untuk yang berminat memberikan bantuan, dapat menghubungi di nomor 0899 9925 301 (Rachmat Nugraha)

Tidak ada komentar: